7 Akun Instagram yang Harus Difollow Para Ibu Hamil


Seperti halnya tutorial yoga ibu hamil yang bertebaran di YouTube, akun Instagram yang membahas tentang kehamilan pun sama banyaknya. Aku sudah mengikuti puluhan akun yang biasa membahas tentang kehamilan dan beberapa di antaranya ternyata tidak worth it. Untuk itu, aku ingin berbagi beberapa akun Instagram yang menurutku ilmu kehamilannya ngena banget. Aku membaginya dalam beberapa kategori dan tiap kategori ada beberapa akun yang bisa kita ikuti. Tentu ini tergantung selera juga ya, jadi mungkin nanti buk-ibuk bisa coba follow dulu, kalau nggak cocok ya di-unfollow lagi.


1. @bidankita


Akun ini dikelola oleh seorang bidan kenamaan bernama Yesie Aprilia, ia adalah seorang praktisi gentle birth. Di Instagramnya, Bu Yesie secara rutin membagikan informasi mengenai kehamilan hingga proses melahirkan. Semua ilmunya menurutku bermanfaat dan mudah sekali dipahami. Bu Yesie mengajak ibu-ibu hamil untuk belajar sebanyak-banyaknya tentang kehamilan dan menyadarkan kita tentang filosofi gentle birth yang luar biasa. Walaupun ada satu hal yang kurang aku suka, si ibu bidan ini kadang kelihatan banget kalau "jualan" hehe. Tapi ilmu yang gratisan juga banyak beliau bagikan kok!

Akun Instagram lain yang hampir serupa dengan @bidankita dan aktif membagikan informasi khusus kehamilan sampai melahirkan adalah @healthy.pregnancy, @prenatalgentleyoga, @pregnancyguide, @pregnancyworkout, @thebirthhour, @pregnancylifestyle @lamazechildbirth @orgasmicbirth @keluargagentlebirth @hypnobirthingindonesia.

Mungkin beberapa di antaranya ada yang kamu perlu ikuti sesuai dengan kebutuhan.

2. @ivanderutama

Sudah sejak beberapa tahun lalu saya nggak pakai lagi asam folat sebagai suplemen untuk bumil2 yg sudah lewat trimester pertama. Banyak yg nanya kenapa? Sebenarnya karena memang asam folat setelah lewat trimester pertama tidak jelas manfaatnya. Bahkan cenderung sia2 karena asam folat dalam jumlah cukup juga sudah ditemukan dalam pola makan sehat yg diterapkan sehari2. Penelitian terakhir di Australia menunjukkan bahwa pemberian asam folat hingga akhir kehamilan meningkatkan resiko alergi pada anak yg lahir dengan kekurangan berat badan / growth restriction. Mungkin inilah penyebabnya sekitar 70% bayi2 lahir dengan bakat alergi (silahkan gambar digeser untuk lihat literaturnya). Asam folat penting untuk mencegah kecacatan tempurung kepala dan tulang punggung (neural tube defects), namun proses pembentukkan neural tube sendiri sudah selesai di usia #kehamilan 11-12 minggu. Oleh karena itu pemberian asam folat terpenting adalah sejak 1-3 bulan SEBELUM hamil hingga 3 bulan setelah hamil. Oleh karena itu, pemberian suplemen saat hamil akan berubah bukan itu2 saja karena disesuaikan dengan kebutuhan ibu dan bayi pada saat #kontrolhamil.
A post shared by dr. Ivander Utama, F.MAS, SpOG (@ivanderutama) on

Beliau ini adalah dokter kandungan di salah satu rumah sakit di Jakarta. Ia sering membagikan informasi-informasi mengenai kasus yang ia tangani dan bisa kita jadikan pelajaran selaku ibu hamil. Selain dr. Ivander Utama F.MAS, SpOG, ada juga akun @drtiwi yang sama aktifnya di Instagram untuk berbagi informasi seputar kehamilan. 

3. @id_ayahasi


Mencari informasi tentang ASI sangat penting bagi ibu hamil, karena katanya meng-ASI-hi tak semudah kelihatannya. Ada beberapa akun yang mungkin perlu diikuti terkait informasi tentang ASI seperti akun @aimi_asi dan @sahabatasibka yang informasinya cenderung serius. Sementara itu @id_ayahasi mengemas informasi tentang ASI dengan gaya yang lebih "cair", lucu dan bisa kita bagikan ke suami karena memang sebenarnya ini komunitas bapak-bapak yang peduli ASI.

4. @motherbabyind


Akun  ini berbagi informasi khusus tentang ibu dan bayi, tak hanya soal kehamilan memang yang dibahas tapi juga tentang menyusui dan kehidupan ibu selama memiliki anak. Akun yang serupa sangat banyak dan kamu bisa memilih beberapa yang kamu suka. Di antaranya adalah @momandkiddy, @ibupedia_id, @nakitaid, @haibundacom, @the_urbanmama, @dearmoms.id, @thesmartmamas. Meski tidak khusus membicarakan tentang kehamilan, tapi cukup banyak informasi tentang kehamilan yang dibagikan di akun-akun tersebut, lagi pula ibu hamil juga perlu belajar mengenai hal-hal pasca kehamilan bukan?

5. @ayahbunda_

Belajar tentang parenting harus dimulai sejak masa kehamilan, apalagi jika kehamilan ini adalah kehamilan yang pertama. Meski konsentrasinya pada konten parenting, informasi tentang kehamilan pun dibagikan di akun ini lho! Pilihan akunnya banyak sekali, salah satu yang paling populer adalah akun ini. Untuk pilihan lainnya kamu bisa melihat-lihat akun @theasianparent_id, @tigagenerasi, @parentingindonesia, yang membahas parenting secara umum. Atau akun-akun yang membahas topik khusus seperti @sahabatpencernaananak dan @indonesiamontessori.

6. @alodokter_id

Informasi seputar dunia kesehatan secara umum juga harus dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan. Informasi ini jadi bekal yang sangat penting selama menjalani masa kehamilan maupun pasca melahirkan. Akun-akun kesehatan ini juga kadang berbagi banyak informasi seputar kehamilan. Akun-akun resmi seperti @who dan @kemenkes_ri juga boleh diikuti kalau perlu. Atau kamu lebih suka yang bahasanya populer, bisa ikuti @guesehat atau @energysehat. Jangan lupa juga ikuti @andalankontrasepsi untuk persiapan KB setelah melahirkan nanti agar jarak kehamilan tak terlalu dekat.

7. @just.baby

A post shared by Baby | Kids | family (@just.baby) on
Nggak cuma akun serius yang perlu kita ikuti, akun-akun yang bernuansa menghibur juga wajib di-follow. Salah satunya akun yang berisi kumpulan foto-foto bayi ini, dijamin bikin kamu gemas setiap saat. Semuanya lucu dan membuat kita bahagia. Di Indonesia pun ada akun serupa, namanya @anak.id. Tapi @just.baby tetap terbaik sih hehe. Bisa juga follow ibu-ibu kekinian seperti @retnohening ataupun akun-akun fotografi anak dan semacamnya seperti @nujuhbulanstudio. 

Dari puluhan akun yang sudah disebutkan di atas bisa kamu pilih beberapa yang memang sesuai dan dibutuhkan. FYI juga beberapa akun di atas ada yang sering berbagi informasi promo, giveaway, dan semacam hadiah berupa barang-barang ibu dan bayi, luamayan banget kalau dapet kan? Yah, daripada Instagram kita isinya artis semua! Oya, mem-follow Instagram artis yang sedang hamil juga seru lho, berasa ada temennya dan temen kita itu artis, hahaha!

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.