Hasil Testpack Garis Kedua Samar-samar, Hamil Apa Nggak?

Hasil uji testpack

Sebelum membahas tentang hasil testpack yang samar, alangkah lebih baiknya kita paham dulu "apa itu testpack?" dan beberapa pertanyaan yang sering muncul mengenai uji kehamilan menggunakan testpack.

Melansir Alodokter, testpack atau alat uji kehamilan adalah alat pendeteksi hormon kehamilan (HCG/Human Chorionic Gonadotropin) yang biasanya terdapat dalam urine wanita hamil. Hormon ini diproduksi oleh plasenta yang mulai berkembang di dinding rahim. 

Perlukah mengajak suami?

Jujur, awalnya aku memilih untuk tidak mengajak suami karena ingin memberikan hasilnya dalam bentuk kejutan, jadi aku melakukan uji testpack di kantor. Tapi uji pertamaku gagal, jadi akhirnya aku melakukan uji kedua dan ketiga bersama dengan suami di rumah.

Sebenarnya tidak masalah mau mengajak suami atau tidak. Kalau kita ingin memberikan kejutan ala-ala pasangan muda zaman now, mungkin melakukannya sendiri lebih baik. Tapi melakukannya berdua dengan suami juga seru kok!

Dimana membeli testpack?

Untuk yang baru pertama kali akan melakukan uji kehamilan mungkin bertanya-tanya di mana bisa membeli testpack. Alat ini ternyata dijual cukup bebas lho! Kita bisa membelinya di apotek, supermarket, bahkan minimarket, di toko-toko online pun tersedia. Jadi tidak susah untuk mendapatkannya.


Apa merk testpack yang bagus?

Pada dasarnya semua merek bisa dikatakan bagus asal kita membeli versi asli di tempat yang terpercaya. Aku sendiri waktu itu menggunakan merek SENSITIF dan tidak ada masalah yang berarti dalam penggunaannya.

Cara menggunakan testpack, nggak gampang!

30 Mei 2017, pertama kali aku membeli testpack di apotek Kimia Farma sebelum berangkat bekerja. Sesampainya di kantor aku melakukan uji kehamilan di kamar mandi kantor yang kebetulan waktu itu masih sepi karena aku datang cukup awal.

Ternyata hasilnya tidak keluar, why? Karena aku melakukannya tidak sesuai dengan prosedur. Langkah-langkah yang tertulis di wadah testpack aku abaikan karena terlalu deg-degan ingin segera melihat hasilnya. Akhirnya malam itu suami membeli testpack lagi di Superindo dan baru kugunakan tanggal 31 Mei 2017. Karena hasilnya samar pada salah satu garisnya, aku melakukan uji ulang pada tanggal 3 Juni 2017, kali ini aku membeli testpack di Indomaret dekat rumah.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang disarankan saat menggunakan testpack:

  1. Lakukan setelah terlambat menstruasi selama 1-2 minggu, karena kadar HCG yang terlalu rendah di awal kehamilan masih sulit dideteksi.
  2. Lakukan uji pada urine pertama yang keluar di pagi hari, kadar HCG-nya paling tinggi.
  3. Lihat petunjuk penggunaan, setiap merk bisa saja memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda. 
  4. Siapkan alat pengukur waktu, jangan perkiraan! 
Poin ke-3 adalah yang paling harus diperhatikan, kalau tidak ingin seperti aku yang gagal di pengujian pertama, hehe. Oya, jika hasilnya negatif tapi kamu merasakan tanda-tanda kehamilan, sebaiknya lakukan uji ulang pada minggu berikutnya dan hindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil.


Bagaimana cara membaca hasil testpack?

Setelah mencelupkan testpack ke dalam urine, akan muncul garis berwarna merah. Garis yang berada di atas merupakan garis kontrol sedangkan garis bawah menunjukkan kadar HCG kita. Ada 3 kemungkinan hasil yang kita dapatkan setelah melakukan uji kehamilan menggunakan testpack yaitu hasil positif, negatif dan invalid.

  1. Hasilnya dikatakan positif (hamil) jika terdapat dua garis merah yaitu garis kontrol dan garis yang menunjukkan kadar HCG. Garis kedua bisa sangat jelas, bisa juga samar, tergantung kadar HCG kita. 
  2. Hasilnya negatif (tidak hamil) jika hanya terdapat satu garis merah saja yang merupakan garis kontrol.
  3. Hasil invalid (tidak bisa digunakan) jika garis kontrol tidak muncul pada hasil, mungkin kita telah melakukan prosedur yang salah dalam penggunaannya. 

Jadi, apa arti garis kedua yang samar-samar?

Garis kedua adalah garis yang menunjukkan kadar HCG pada urine kita, jika hasilnya samar maka ada beberapa kemungkinan:
  1. Kita mengalami keguguran dini tanpa kita sadari, biasanya kita tidak sadar karena hanya akan mengalami perdarahan dan kram perut ringan seperti menstruasi.
  2. Hamil kosong atau hamil anggur (semacam tumor jinak). Harus segera periksa ke dokter ya!
  3. Garis evaporasi, garis ini muncul beberapa menit setelah waktu yang ditentukan dalam petunjuk penggunaan.
  4. Usia kehamilan masih sangat muda sehingga kadar HCG masih rendah. 
Kalau menstruasinya baru telat sehari-dua hari sebaiknya diulang lagi ujinya 1-2 minggu kemudian. Kalau terlalu khawatir terjadi apa-apa, lebih baik periksa ke dokter kandungan.

Jika positif hamil, apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Setelah mendapatkan hasil testpack positif, langkah selanjutnya yang harus segera kamu lakukan adalah periksa ke dokter kandungan atau bidan terdekat untuk memastikan kamu benar-benar hamil. Jangan lupa juga untuk mulai menghindari hal-hal yang tidak boleh dilakukan wanita hamil seperti merokok dan minum alkohol ya! Satu hal lagi yang paling penting tapi sering diabaikan adalah mulai belajar tentang kehamilan. Belajar apanya? Semuanya! Dari mulai belajar anatomi sampai hal-hal yang bernuansa religi.

You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.