Tuesday, 17 February 2015

Test TOEFL ITP di IPB Dramaga

Sekitar pukul 08:00 a.m. peserta tes TOEFL ITP sudah berkumpul di gedung Teaching Lab TPB IPB. Gedung ini terletak di samping asrama putri A1. FYI kalau anda bukan civitas akademika IPB, untuk sampai ke gedung TL anda cukup belok kanan dan jalan terus setelah melewati pintu "berlin". Waktu yang dibutuhkan untuk jalan kaki dari Berlin mungkin sekitar 5 menit.
Sumber bahasa.ipb.ac.id

Tes TOEFL ITP diadakan di lantai dua gedung TL. Sebelum masuk ke ruang tes kita harus registrasi dulu dengan menyerahkan data berikut:
1. Bukti pembayaran
2. Foto 3×4 (1 lembar)
3. Fotocopy identitas (KTP/KTM/lainnya)

Oya pendaftaran tesnya bisa langsung ke unit bahasa IPB atau melalui SMS, kontaknya bisa dilihat di website.

Usai diperiksa kita akan ditunjukkan nomor tempat duduk kita yang juga tertulis di absen. Saya mendapat nomor 19 dan langsung mencari nomor yang sama di bangku yang tersedia. Nomor 4 dari depan dan 2 dari kanan. Tepat lurus dengan speaker bagian kanan. Ada 4 speaker di ruangan tes yang disiapkan untuk sesi listening. Saat melihat sekeliling, ternyata yang ikut tes beragam usianya, dari mahasiswa TPB sampai yang sudah bapak-bapak dan ibu-ibu.

Sebelum tes dimulai pengawas akan memperkenalkan diri dan memberikan intermezzo agar tidak gugup menghadapi tes. "Just think about your saturday night," katanya. (Ibu nggak tahu saya jomblo? hahaha). Pengawasnya adalah dosen bahasa inggris di IPB, 2 orang. Setelah berkenalan mereka membacakan peraturan, membagikan lembar jawaban, dan memandu kita untuk mengisi identitas di lembar jawaban. Oya, di pojok bawah kanan lembar jawaban terlihat seperti tersobek, padahal tidak. Dari sananya memang seperti itu.

Salah satu peraturan pentingnya adalah "di atas meja hanya boleh ada pensil dan penghapus". Selain itu bisa dimasukkan ke tas yang boleh ditaruh di samping bangku. Soal mulai dibagikan, tandanya sebentar lagi sesi pertama akan dimulai. Minumlah sebelum tes dimulai, karena saat tes berlangsung selama 2 jam kita tidak akan punya waktu untuk minum.
Start!

Trik mengerjakan TOEFL sudah banyak beredar di Mbah Google, saya hanya akan menambahkan beberapa tips berikut:
1. Jangan berharap bisa merampungkan bulatan di lembar jawaban pada akhir waktu!
2. Langsung buat bulatan penuh pada tiap jawaban.
3. Lewati dulu soal yang sulit di bagian Grammar dan Reading
4. Jawab semua pertanyaan apapun yang terjadi.
5. Jangan panik!

Saat latihan mengerjakan TOEFL jangan lupa latihan menghitamkan bulatan di lembar jawaban. Karena jujur saya keteteran karena waktunya tidak cukup untuk membuat bulatan penuh.

Hasil tes ITP dapat di ambil 5 hari setelah tes di kampus IPB Gununggede dan hari berikutnya di Kampus IPB Dramaga.
So, good luck ya yang mau ambil tes TOEFL ITP di IPB :)