Tuesday, 14 April 2015

Tips Agar Tidak Malas Membaca Al-Qur’an Selama Ramadhan


Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pahala yang kita dapatkan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan. Bahkan tidur kita pun akan dihitung sebagai ibadah dan diberi pahala. Tapi jangan tidur terus, kalau tidur saja mendapat pahala, apalagi jika kita berbuat kebaikan?
Sumber Gambar: independent.co.uk

Pahalanya akan lebih besar. Salah satu amalan yang bisa kita lakukan selama Ramadhan adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an. Beberapa orang bahkan memiliki target untuk mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an selama satu bulan atau bahkan satu hari dengan cara berkelompok. Nah, buat kalian yang masih agak malas untuk membaca Al-Qur’an selama Ramadhan ini nih tipsnya:

Ukur kemampuan membaca Al-Quran

Kemampuan tiap Muslim dalam membaca Al-Qur’an berbeda-beda, biasanya disebabkan oleh latar belakang pendidikan islam yang ditanamkan keluarganya. Nah tanpa perlu menyalahkan siapapun, sebagai manusia yang sudah berilmu kita harus memutuskan akan terus belajar Al-Qur’an atau tidak ketika tahu bacaan kita masih belum lancar. Kita bisa mengukur kemampuan kita sendiri sejauh mana kita bisa membaca Al-Qur’an atau meminta bantuan orang lain untuk menilai.

Pasang target satu tingkat lebih tinggi

Misalnya kalian belum lancar melafalkan huruf hijaiyah sesuai makhraj-nya (tempat keluar huruf), kalian haru memasang target minimal bisa membaca rangkaian huruf hijaiyah bukan hanya menargetkan bisa melafalkan dengan baik saja.
Jangan malu untuk belajar
Kalau umur kalian sudah dewasa dan masih terbata-bata membaca Al-Qur’an, kalian tidak perlu malu untuk belajar. Kalian justru harus malu kalau tidak punya keinginan belajar sama sekali.

Cari mentor atau guru yang kalian suka

Kalau merasa tidak mampu belajar sendiri, kalian harus mencari guru. Biasanya dengan diajar oleh guru yang kita suka apa yang diajarkan akan lebih mudah masuk.

Niat serius dan pasang stempel “WAJIB”

Untuk memulai sesuatu yang belum biasa dilakukan biasanya sulit. Awalnya harus dipaksakan dan anggap apa yang akan kita kerjakan adalah kewajiban yang tidak boleh tidak dilakukan.

Mulailah dengan yang paling ringan

Mulailah misalnya dengan sepuluh ayat satu hari.

Buat “reward and punishment” sendiri

Buat hadiah dan hukuman untuk kalian lakukan sendiri.
Harus terus “naik tangga”
Jika sudah berhasil dengan sepuluh ayat sehari tingkatkan terus jumlah ayat yang harus dibaca tiap hari hingga mencapai 1 juz per hari misalnya.

Ikut tadarus di masjid atau membuat kelompok tadarus

Melakukan kegiatan dengan banyak orang biasanya akan lebih meningkatkan semangat kita.

Prinsip : “Tak ada hari esok lagi”

Anggaplah kita tidak punya kesempatan belajar lagi setelah hari ini.

Gimana? Mudah kan tipsnya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat dan berkah untuk Ramadhan kita tahun ini ya :)