Monday, 16 February 2015

Review Novel 'Dee' - Gelombang

Engkau membuatku putus asa dan mencinta
Pada saat yang sama


Sumber Gambar: trivia.id


Dua kalimat di atas adalah dua baris terakhir dari puisi pembuka #Gelombang sebelum masuk ke keping 43. Puisi ini adalah salah satu langkah cerdas Dee untuk menarik pembaca #Gelombang agar tidak beranjak dari tempat duduknya. Kalimatnya begitu menyentuh. Meme-nya pun bermunculan di sosial media.

Novel #Gelombang terdiri dari dua keping cerita yaitu 43 dan 44. Keping 43 mengisahkan pencarian Gio yang telah jatuh cinta habis-habisan kepada Diva Anastasia. Kisah pencarian Diva yang menghilang, selalu muncul dalam setiap seri novel Supernova. Kali ini Gio mulai menyadari bahwa Diva telah benar-benar "pergi". Walaupun kesadaran itu muncul tanpa menghilangkan harapan untuk tetap mencari.

Kisah Gio disimpan, Dee melanjutkannya dengan kisah Gelombang yang dilakoni Alfa atau Ichon di keping 44. Latar belakang penamaan tokoh bernama lengkap Thomas Alfa Edison ini diulas dengan sangat menarik di bagian awal. Selanjutnya kepingan ini mengenalkan latar budaya Ichon sebagai orang batak asli yang tinggal di Sianjur Mula-mula. Ichon dan lingkungannya dikenalkan sebagai penganut Malim (agama asli Batak). Dee benar-benar mengangkat kearifan lokal pada bagian ini. Tak hanya menggambarkan kondisi lingkungan di tempat Ichon tinggal, pembaca juga disuguhi istilah-istilah adat seperti gondang, ulos, huta, pamuhai, arsik, dan masih banyak lainnya. Berawal dari adat pulalah kisah hidup #Gelombang dimulai. Pertemuan Ichon dengan salah satu tokoh mistis membuat dia mulai bermasalah dengan mimpi yang sangat buruk, hingga akhirnya dia "membenci" tidur.

Sejak itu pula hidup Ichon berubah menjadi istimewa. Banyak yang memperebutkan Ichon untuk dijadikan murid. Ada pula yang berniat melenyapkannya dari dunia. Setelah sebuah kejadian buruk terjadi, Bapak dan Mamak Ichon memutuskan untuk mempercepat rencana perantauan mereka ke Jakarta.

Kota Jakarta ternyata hanya menjadi tempat singgah bagi Ichon karena dia memutuskan untuk ikut saudara jauhnya ke Amerika. Ichon yang mulai memperkenalkan diri sebagai Alfa, menghadapi hidup yang sulit sebagai imigran gelap. Namun pada akhirnya dia meraih kesuksesan yang luar biasa. Perjuangan Alfa untuk menjadi orang sukses sangat menarik. Dee melengkapi kisah tersebut dengan percakapan yang sangat hidup. Tokoh-tokohnya membicarakan dunia bisnis secara detail dan sangat menginspirasi.

Di balik kesuksesannya, Alfa mulai terusik dengan masalah tidur yang dia miliki setelah bertemu dengan seorang wanita bernama Ishtar. Dia pergi ke klinik tidur dan menjalani terapi. Di tengah terapi, dia menemukan buku yang membuatnya penasaran hingga terbang ke negeri penulis buku tersebut, Tibet. Disinilah inti cerita novel #Gelombang. Banyak kejadian aneh yang terjadi. Alfa berkenalan kembali dengan "hidup lamanya". Dia berhasil masuk ke "dunia nyata" dan bertemu dengan Bintang Jatuh, tokoh di seri novel Supernova pertama. Petualangan Alfa di bagian ini sangat menarik. Kita disuguhi hal-hal baru yang berkaitan dengan mimpi. Sulit sekali membedakan mana yang fiksi dan realita. 
Pada bagian akhir, Dee masih memunculkan konflik dan memberikan gambaran keterhubungan tiap seri Supernova. Tapi tetap saja belum tertebak, apa sebenarnya visi Supernova secara keseluruhan. #Gelombang benar-benar membuat pembaca tidak sabar menanti kehadiran novel penutup "Intelegensi Embun Pagi". Can't wait!