Sunday, 8 December 2013

Sampah dan Banjir Dibalik Kemegahan Kota Bandung

Sumber Gambar: mongabay.co.id


5/12/2013-Kamis sore, pasar Lembang Bandung Barat terendam banjir hingga mencapai bawah lutut. Tumpukan sampah menggenangi jalanan yang ramai di sekitar Pasar Lembang. Hujan yang mengguyur hampir empat jam sempat mengganggu aktivitas masyarakat. Kereta kuda yang berjajar rapi di sekitar pasar lembang tidak bisa beroperasi. Selain itu lalu-lintas kendaraan juga terhambat oleh aliran air banjir yang cukup deras.

Gaya hidup masyarakat kota yang cenderung memiliki pola konsumsi tinggi berakibat pada produksi sampah yang terus meningkat. Tuntutan gedung-gedung megah untuk bebas dari sampah membuat 'barang kotor' ini harus mengendap di sudut-sudut kota. Tidak jarang pula, sampah-sampah ditemukan bersarang di sekitar gedung-gedung yang tidak mewah, seperti pasar.

Pengelolaan sampah yang belum maksimal dan tata air yang belum sempurna membuat banjir selalu menggenangi kota-kota besar kala hujan deras mengguyur. Tidak hanya aktivitas yang terganggu akibat banjir, kesehatan masyarakat pun  menjadi rawan. Penanganan sampah dan pencegahan banjir menjadi PR besar untuk pemerintah dan masyarakat kota.