Wednesday, 13 November 2013

Makna Sebuah Kesempatan



Kalian pernah melewatkan sebuah kesempatan hebat?
Atau kalian pernah memberikan kesempatan yang tidak dihiraukan?
Atau sekarang kalian sedang merasa bahwa kesempatan tidak akan pernah datang lagi?


Kesempatan itu seperti hujan kawan
Dia pasti akan ada lagi
Walaupun entah kapan, kita tak akan pernah tahu
Tempat dan waktu yang akan menjemputnya
Musim hujan yang bau tanah
Atau ladang tropis ini, yang begitu akrab dengan hujan?


Sumber Gambar: youtube.com

Kisah orang sukses biasanya selalu dihiasi dengan perjuangan keras yang dibumbui kesedihan.Orang-orang yang mengelu-elukan kesempatan, memiliki motivasi yang membara, dan keberuntungan luar biasa. Misalnya dulu dia miskin,tidak dipandang orang dan aksesoris hidup susah lainnya. Lalu tibalah suatu masa dimana dia bangkit dan berjuang ekstra keras hingga membawanya pada puncak kejayaan yaitu SUKSES. Sebaliknya, orang yang sukses sejak lahirnya belum tentu sukses juga hingga matinya. Referensi kisah orang yang sukses sejak lahir sampai matinya juga susah ditemukan sih, baik di novel maupun film-film. Mungkin karena kurang menarik untuk dikonsumsi. Pertanyaannya, apakah sukses adalah sebuah siklus dalam suatu generasi? Begini, misalkan orang tua kita hidupnya tidak sukses, lalu kita sukses, lalu anak kita akan kurang sukses, dan lalu-lalu berikutnya. Seperti itukah gambaran siklus sukses?

Menurutku tidak, sukses adalah sebuah kesempatan yang bisa diambil maupun diabaikan. Bisa diambil sekarang ataupun nanti. Penentunya juga kita sendiri, bukan generasi sebelum kita. Tidak masalah kalau kali ini kalian masih malas mengambilnya. Kesempatan akan selalu datang dan kalian tidak perlu terlalu ambisius. Allah pun tidak suka kalau kita tergesa-gesa. Tapi ingat, ada banyak faktor yang berpengaruh pada datangnya kesempatan. Kalian sendiri yang bisa menilainya. Sejauh mana keinginan untuk mendapatkan kesempatan tersebut dan seberapa besar kemungkinan untuk mendapatkannya. Selain itu harapan setelah mendapatkan kesempatan itu juga perlu dinilai, apakah input yang kalian berikan akan sesuai dengan output yang kalian dapat. (Teori harapan dan teori keadilan, Pendidikan Orang Dewasa). Kemungkinan juga ada hal-hal lain yang bisa menjadi sebuah alasan dalam pengambilan keputusan atas sebuah kesempatan. That's yours!

Kesempatan setiap orang selalu berbeda, dari cara datang, proses maupun hasilnya. Jadi jangan terlalu tidak bangga kalau kalian bukan berasal dari keluarga miskin atau hidup-hidup tanpa perjuangan, hehe. Kisah kalian tidak akan selalu menjadi lebih tidak menarik kok. Karena pada dasarnya setiap hidup adalah perjuangan, "keras"nya saja yang berbeda. Orang yang hidupnya lebih "keras" biasanya kelihatan lebih keren, padahal sebenarnya nggak juga lho!Hidup kamu juga bisa keren. How? Proud with your life!!!. Eits, tapi jangan bangga dulu! Ngaca bentar deh, hidup kita sudah sesuaikah dengan aturan-Nya? Kalimat ini tidak sedang mengarah pada dakwah yang ujungnya menyuruh kalian memakai jilbab super besar dan jubah setiap hari, bukan sama sekali! Itu urusan kalian lah tidak perlu ada paksaan. Tapi satu hal kawan, mematuhi aturan-Nya itu penting, SANGAT PENTING!Karena kita hidup untuk menjalankan perintahNya. Semua kesempatan yang ada di dunia ini hanyalah alat untuk menguji kita. Bagaimana caranya? Carilah ilmuNya untuk menjawab dan memaknainya. Kalian cukup hebat untuk melakukannya, I know you can do it!

Catatan ini bukan untuk menggurui karena penulisnya memanglah tak pantas untuk menjadi guru disini. Hanya berusaha saling mengingatkan dalam sebuah kesempatan. Walaupun sebenarnya tulisan ini tidak mempunyai fokus yang jelas dan sudut pandang yang nyeleneh, tapi semoga bermanfaat. Aamiin.




8:01:00 PM

Jumat, 12 April 2013